Senin, 02 Januari 2023

#JEDAR-Lomba Doodle Art (Indonesia Tangguh Siap Bencana)

Lama tak bersua bukan berarti JEDAR hanya berdiam diri, apalagi pandemi sudah mereda dan mulai normal kembali. Mungkin telat banget untuk di ceritain tapi ini bagian cerita JEDAR. Pada November 2021 kembali mengadakan lomba secara virtual dengan membawa tema Indonesia Tangguh Siaga Bencana. Menurut BMKG, iklim ekstrem adalah ‘’Suatu kejadian iklim yang jarang terjadi secara statistik yang nilai variabelnya diatas/dibawah nilai ambang batasnya, dimana nilai ambang batas didapatkan dari data observasi dilokasi tersebut pada kurun waktu tertentu (30 tahun)”. Kita nggak bisa pungkiri kalau bumi kita sedang tidak baik-baik saja. Perubahan cuaca ekstrem cukup mengakhawatirkan, kita tidak menghindari perubahan cuaca tapi paling tidak kita bisa mengurangi dampak resiko terjadinya cuaca ekstrem tersebut dengan mengetahui apa saja yang harus dilakukan atau dipersiapkan untuk siaga bencana. Melalui lomba doodle dengan tema siaga bencana JEDAR ingin mengajak teman-teman semua belajar cara mengurangi dampak resiko bencana.   

Aksi edukasi ini merupakan bagian dari Festival Kaum Muda untuk Iklim dan Kemanusiaan yang diselenggarakan Teens Go Green Indonesia bersama Plan Indonesia. JEDAR sangat antusias dengan event ini karena isu yang dibawa sejalan dengan gerakan yang selalu digaungkan oleh JEDAR, yaitu seutar lingkungan dan juga literasi. 




Lomba kali ini cukup menarik banyak peserta, dan hasil karya para peserta juga kreatif, menarik dan edukatif. Pameran dilakukan secara virtual melalui instagram JEDAR. Alhasil banyak respon positif dari para follower JEDAR. Setelah proses pameran dan penjurian karya didapatlah tiga pemenang dan satu karya favorit hasil like terbanyak. Karya para pemenang begitu kreatif dan variatif dilihat dari media yang digunakan, mulai dari kardus, sampai kertas tidak terpakai, bahkan dibentuk menjadi sebuah karya yang bernilai ekonomis. JEDAR dalam lomba yang dibuat selalu memberikan syarat media gambar yang ramah lingkungan, selain untuk mengasah kreatifitas peserta, JEDAR juga mengajak para peserta untuk lebih sadar akan penggunaan benda atau barang ramah lingkungan. Berikut karya para pemenang lomba.





Bersamaan dengan lomba, JEDAR juga membuat SAPA IKLIM yaitu live instgram membahas seputar kesiapsiagaan bencana bersama narasumber dari SBJ dengan tema Gosipin Bencana Alam. Melalui obrolan santai live IG tersebut banyak edukasi yang didapat. Mulai dari apa saja yang harus dipersiapkan untuk siaga bencana, dan apa saja yang bisa dilakukan saat terjadi bencana. Bencanan mungkin tidak bisa dihindari tapi kita bisa mengurangi dampak dari resiko bencana dengan siap siaga sedari dini. Bisa berbagi edukasi tentang kesiapsiagaan bencana, merupakan langkah kecil yang bisa JEDAR berikan pada teman-teman. Besar harapan semua teman-teman bisa mengambil hal positif dan masukan baru tentang kesiapsiagaan bencana.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar